Tuesday, June 25, 2013

Perhatikan fasilitas pendukung bisnis kita

Hmmm... Speechless deh kalau sudah begini. Laptop yang menjadi "cangkulnya" kerjaan bermasalah. Ngga bisa ngapa-ngapain. Padahal kerjaan utama itu ngetik. Waduh...

Sejak kemaren, laptopnya bermasalah. Nggak bisa digunakan untuk mengetik. Demikian juga presentasi untuk kerjaan. Lieur dah kalau sudah begini. Hmmm... Ngga boleh hal ini terjadi sebenarnya.

Dari kejadian ini, ada pelajaran yang bisa diambil. Pelajaran yang sangat berharga untuk bisnis kita sendiri. Karena sangat tergantung pada laptop itu sendiri. Apa saja pelajarannya?

Pertama, perhatikan fasilitas pendukung untuk setiap kegiatan bisnis kita. Fasilitas pendukung ini sangat penting. Tidak hanya untuk kita, tetapi juga untuk tim kita. Salah satunya adalah laptop itu sendiri.

Kedua, memperhatikan peran daripada masing-masing fasilitas tersebut. Fasilitas yang sangat penting bagi proses bisnis harus mendapatkan perhatian. Jangan sampai ada masalah dalam keberadaannya.

Ketiga, mempersiapkan cadangan untuk setiap fasilitas yang strategis dalam proses bisnis kita tersebut. Hal ini penting untuk menjamin kelangsungan proses bisnis kita. Pelajaran hari ini sangat penting untuk diambil hikmahnya.

Keempat, merawat setiap fasilitas tersebut. Kecerobohan dalam menggunakan dan juga merwawatnya dapat berakibat fatal. Buatkan standar untuk menyimpannya dan merawatnya.

Kelima, lakukan service berkala terhadap fasilitas tersebut. Kita harus sadar bahwa fasilitas tersebut layaknya manusia. Mereka butuh juga service berkala. Lihatlah aturan dari produsennya. Ada petunjuk untuk itu.
Keenam, sediakan anggaran untuk serivice setiap fasilitas tersebut. Anggaran ini penting untuk pelaksanaan perbaikan atas fasilitas. Susah kalau tidak punya anggaran.

Ketujuh, gunakan fasilitas tersebut dengan baik sesuai petunjuk penggunaannya. Hal ini penting untuk membuat fasilitas tersebut dapat digunakan sesuai dengan usia manfaatnya.

Tentu kita ingin fasilitas tersebut dapat digunakan sebaik mungkin dan optimal bagi bisnis kita. Sukses buat kita hari ini
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment